Friday, November 10, 2017

Partisipasi Masyarakat Adalah Sayap Pengawasan Pemilu

Dosen Antropologi Ilmu Politik Universitas Malikussaleh, T Kemal Pasya, saat memberikan materi sosialisasi Focus Group Discussion (FGD) di Harun Square Hotel

LHOKSEUMAWE - Untuk menjamin agar Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Kota Lhokseumawe berjalan sesuai dengan ketentuan dan asas pemilu, maka diperlukan adanya strategi pengawasan partisipatif tantangan dan hambatan dalam pengawasan terhadap proses pelaksanaanya.
“Pengawasan partisipatif saya rasa cukup efektif untuk melakukan pengawasan secara maksimal, termasuk melakukan pencegahan pelanggaran yang akan terjadi nantinya dilapangan,” kata Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Lhokseumawe, Teuku Zulkarnaen di sela-sela sosialisasi Focus Group Discussion (FGD) di Harun Square Hotel, Kamis (9/11).
Teuku Zulkarnaen mengatakan, keterlibatan berbagai elemen dalam pengawasan partisipatif dapat mendorong terwujudnya pelaksanaan pemilu dengan harapan dan cita-cita yang bisa berjalan dengan ritme suasana yang kondusif, aman, damai, tertib dan lancar.
“Partisipasi masyarakat adalah sebagai sayap pengawasan pemilu. Maka hari ini melalui sosialisasi FGD ini, kita ingin mendengar langsung kendala dan masalah apa saja yang kerap dihadapi masyarakat serta pelanggaran apa saja pada pelaksanaan pemilu sebelumnya baik itu di tingkat gampong-gampong maupun kecamatan,” ujar Teuku Zulkarnaen.
Sebutnya, setelah mendengarkan semua persoalan dalam diskusi, baik itu masalah, pelanggaran maupun kecurangan yang dilakukan oleh oknum tertentu. Maka untuk kedepannya Panwaslu Kota Lhokseumawe bertekad bersama seluruh elemen masyarakat, tokoh masyarakat dan stokolder agar untuk sama-sama membenahan agar hal tersebut tidak kembali.
Dalam sosialisasi tersebut mengahadirkan pemateri Dosen Antropologi Ilmu Politik Universitas Malikussaleh, T. Kemal Pasya, dengan peserta dari partai politik nasional lokal, Pemerintahan, Kepolisian, Kejaksaan, Akademisi, Tokoh Masyarakat, BEM Perguruan tinggi, LSM, Ormas dan Ulama Kota Lhokseumawe.

Sumber : ajnn.net

No comments:

Post a Comment