Thursday, December 14, 2017

SOSIALISASI PENGAWASAN PARTISIPATIF PANWASLU LHOKSEUMAWE

ilustrasi sosialisasi bersama rekan jurnalistik

Lhokseumawe - Panitia Pengawas Pemilu Kota Lhokseumawe dalam menjalankan tugas dan fungsinya melakukan rapat dengar pendapat dengan berbagai kalangan masyarakat dan instansi terkait yang ada di kota Lhokseumawe.

Rapat dengar pendapat yg dilaksanakan dikantor panwaslu kota Lhokseumawe pertama sekali yang di undang untuk berdiskusi adalah semua unsur pemerintah di tingkat kecamatan (Camat, Kapolsek dan Danramil) se kota Lhokseumawe.selanjutnya pada tgl 11 Desember 2017 Panwaslu Kota Lhokseumawe mengundang aparatur pemerintah di tingkat gampong se kota Lhokseumawe (Mukim, ketua Forum Keuchik, Perwakilan Keuchik, Kepala Dusun, Ketua pemuda); Selanjutnya pada malam harinya dilanjutkan dg kelompok pemuda yaitu dari kalangan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi/universitas negeri dan swasta yg ada di kota Lhokseumawe.

Dalam kegiatan ini ketua panwaslu kota Lhokseumawe Teuku Zulkarnaen, Ph.D dan anggotanya Muzakir, ST, Sofhia Annisa, M.Pd serta Di dampingi oleh Kepala Sekretariat Ibu Santi Setiawati, SE menyampaikan berbagai hal terkait dg tugas dan fungsi serta kewenangan panwaslu sebagai penyelenggara pemilu khususnya yg berhubungan dg pengawasan pemilu.

disamping itu juga turut disampaikan tentang berbagai informasi yg berkaitan dengan titik rawan pelanggaran yg perlu pengawasan secara maksimal oleh segenap lapisan masyarakat. sosialisasi pengawasan pemilu merupakan langkah2 atau upaya pencegahan semaksimal mungkin hrs dilakukan dalam rangka meminimalisir pelanggaran dlm pemilu.

untuk mendapatkan masukan lebih komplek pada tgl 12/12/17 Rapat Dengar pendapat kembali dilakukan ditempat yang sama dengan mengundang kalangan akademisi dari berbagai kampus negeri dan swasta serta kaum intektual yang ada dikota Lhokseumawe.

pada pertemuan kali ini banyak masukan yang di dapat diantaranya, perguruan tinggi dan kaum intektual memberi apresiasi dan dukungan moral dan siap membantu menyukseskan pemilu 2019 dlm bentuk berpartisipasi dlm berbagai model kegiatan pengawasan sebagai bahagian dari tanggung jawab sosial dan implementasi tri dharma perguruan tinggi khususnya pada point pengabdian pada masyarakat.

Untuk membangun sinergisitas dan kerjasama yg kuat dan komprehensif demi memaksimalkan proses pengawasan pemilu, maka pada tgl 13/12/17 panwaslu Lhokseumawe kembali mengundang dua kelompok masyarakat yang memiliki peran yang sangat penting dalam pesta demokrasi di negara republik indonesia ini yaitu kaum perempuan dan para jurnalis serta lembaga penyiaran.

Ketua Panwaslu Kota Lhokseumawe Teuku Zulkarnaen, Ph.D beserta seluruh keluarga Besar Panwaslu Kota Lhokseumawe berharap dengan memaksimalkan kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu kepada seluruh stakeholder yang ada di kota Lhokseumawe maka upaya meminimalisir pelanggaran dapat diwujudkan sehingga cita2 melahirkan pemilu yang demokratis dan berkualitas bukanlah sesuatu yang tidak mungkin kita wujudkan di Indonesia khususnya di kota Lhokseumawe.


Pada bahagian akhir dalam setiap kesempatan ketua dan anggota panwaslu kota Lhokseumawe selalu mengajak dan mengugah seluruh masyarakat kota Lhokseumawe untuk mau dan bersedia menjadi bahagian penting dari pesta demokrasi ini, baik sebagai pemilih yg cerdas, tidak golput dan ikut berpartisipasi dlm pengawasan pemilu sebagai relawan pengawas pemilu. Semoga dengan slogan "Bersama rakyat awasi pemilu Bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu" maka insyaallah dengan se izin Allah pemimpin dan wakil rakyat yg berkualitas yg mampu membangun bangsa dan negara ini akan lahir pada pemilu tahun 2019.

No comments:

Post a Comment